Senin, 22 Juli 2013

PROYEK ABADI JALUR PANTURA - #EdisiRhamadan`

*Oleh : Nadrian Akhsanov/Psikologi 10'

Senin, 22 Juli 2013.

hujan masih betah memberikan nada alam pada bumi, aspal basah belum kering, segera saja saya mandi ini baru bandung, bandung mendung dingin, bulu tanganku tegak berbaris seperti merinding saat mendengar nighmare nya arda radio. saya telat pagi ini, seharusnya ada kuliah yang telah berjalan setengah jam yang lalu, jika di paksakan ke kampus saya yakin bakalan basah sampai dsana dan itu lebih tidak nyaman daripada bolos pagi ini. heee.

seperti biasa, saya nyalain tv ... metro tv yang saya cari karena jam segini adalah waktunya untuk duduk manis menyimak salah satu program favorit saya, ya apalagi kalau bukan Bedah Editorial Media Indonesia.bahasan nya tentang brobroknya proyek jalan PANTURA.

ok, this is my opinion..

PANTURA atau singkatan dari Pantai Utara, jalur vital yang menghubungkan antara Jakarta sebagai jatung negara dengan kota Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia. seperti saudara kembarnya PANSEL atau Pantai Selatan, Pantura menjadi langganan dan merupakan jalur utama arus mudik di pulau jawa ketika lebaran datang. Sedikit kita ketahui terlebih dahulu, secara garis besar jalur ini d mulai dari Jakarta - Jawa Barat yang mancakup Karawang, Subang, Indramayu,Cirebon hingga menembus Jawa Tengah yang di awali dari Brebes,Tegal,Pekalongan,Kendal,Semarang,Demak, Rembang,Tuban, terus sampai ke provinsi Jawa Timur yang melintasi Lamongan, Gersik hingga Surabaya. --> http://id.wikipedia.org/wiki/Jalur_Pantura ...
Proyek pengerjaan jalan ini menjadi sangat buming ketika memasuki hari lebaran seperti saat ini. pertanyaan besarnya mengapa proyek ini selalu berjalan tiap tahun sebagai proyek abadi ??? tanya kenapa.

Proyek jalan pantura menjadi sorotan publik dan mendapatkan tanda tanya besar dari banyak kalangan, proyek ini disinyalir menjadi ajang bagi bagi THR untuk beberapa kementrian yang terlibat di dalamnya. proyek yang menelan dana fantastis ini dipertanyakan oleh publik karena sekian tahun berjalan selalu mengalami kerusakan yang tidak tuntas, umur aspal yang di gunakan hanya bertahan satu tahun pemakaian, pertanyaan besar ini harus dapat di jelaskan tuntas oleh kementrian PU sebagai instansi pemerintahan yang langsung terlibat di dalamnya selain dinas jasa marga dan pihak pengembang atau kontraktor. selalu rusaknya jalan nasional ini tiap tahunnya manjadikan keseriusan pihak terkait tidak lagi dapat di percaya, kurangnya kepercayaan publik sebagai pengguna menjadi bumerang bagi instansi tersebut. apakah segala prosedur sesuai standarkah atau bagaimana? hal ini berdampak besar bagi layanan masyarakat, penggguna jalan menjadi merugi, inefisiensi waktu yang menjadi lama, kecelakaan karena jalan rusak dan lain sebagainya. 

Jalan yang di bangun belanda tersebut tak ubahnya semasa pemerintahan kolonial dahulu, jalan ini selalu memakan korban setiap kali arus mudik datang, kecorobohan ini mengakibatkan banyakknya kerugian dari semua pengguna.keseriusan dan komitmen kementrian PU, Jasa Marga dan pihak Kontraktor patut di pertanyakan dengan serius, ada indikasi indikasi negatif yang mengiringi proyek abadi tersebut. menurut saya pribadi sudah sepatutnya BPK ataupun KPK sebagai komisi independent mengendus serta mengaudit dana negara tersebut. semoga saja segala niat baik saya di dengar oleh para pemangku jabatan di atas. sedikit kegalauan dari anak negeri mu, bangsaku dengarkan lah ... !



"Kita anak muda indonesia, saat nya kita berfkir untuk negara ... jangan lagi terlena dengan kisah percintaan yang bisu layu membeku. ini saatnya kita perlu berkata, hai dunia ini aku.. aku anak Indonesia yang lahir di negeri kaya raya, dimana garis pantai terlalu panjang jika di jengkal, dimana gunung emas kokoh berdiri. Ini aku anak Indonesia.anak bangsa yang terlupakan ! "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar